Jumat, 22 Agustus 2014

Day1: Ulang Tahun Rusa Besar



Rusa besar berulang tahun!


Ia mengundang hewan-hewan bertanduk untuk hadir di pesta ulang tahunnya di sebuah pulau seberang. Sapi, kambing, kerbau, dan domba senang bukan kepalang. “Aku dengar Rusa sudah menyiapkan pesta dengan berbagai hidangan melimpah”, cerita sapi bersemangat. “Bahkan kokinya sudah bekerja tujuh hari tujuh malam”, sambung kerbau.

Anjing yang mendengar keriuhan itu menjauh. Ia kesal sekali tidak diundang. Akhirnya ia mencari kambing dan memaksa untuk meminjamkan tanduk untuk anjing. Kambing ragu-ragu menyerahkannya, namun akhirnya diserahkan pada anjing. Hari pesta tiba! Anjing dengan tanduk kambing di kepalanya menumpang perahu bersama para tamu undangan lain. Ia tak henti-hentinya berceloteh tentang pesta nanti. Tentu saja tidak ada satupun yang mengerti dengan gonggongannya yang sama sekali tidak mirip dengan lenguhan ataupun embikan. Kucing, yang juga ingin ikut pergi ke pesta itu, menatap perahu itu dari kejauhan dan mengeong. “Si rakus berada bersama kalian! Tinggalkan dia atau makanan kalian akan habis!”, namun perahu tetap melaju.

Apa yang dikatakan kucing tepat. Si anjing rakus dengan kalapnya memakan semua makanan-makanan yang ada. Sementara itu, si kucing masih saja mengeong di pulau seberang. Suaranya makin keras. Rusa besar si tuan rumah akhirnya memperhatikannya. Ia berkata kepada tamu-tamunya “Tenanglah sedikit. Kucing nampaknya ingin menyampaikan pesan untuk kita.” Si anjing mulai merasa bahwa keadaan ini akan berakhir buruk. Maka ia buru-buru menelan bulat-bulat kalkun panggang dan menyumpal pipinya dengan dada ayam. Ia segera melompat ke air, berenang, dan sesampainya di pantai, ia mengejar kucing. Tentu saja si kucing sudah lari terlebih dahulu. Ia lari dengan gesit dan memanjat pohon. Sejak saat itu, menurut orang-orang Karibia, anjing tidak pernah berhenti untuk mengejar setiap kucing setiap melihatnya. Begitulah awal mula permusuhan anjing dan kucing…

#fairytale #dongeng #dongenganak #ceritaanak #fabel #30harimendongeng



Dikutip dari Mory, C. 30 Cerita Ulang Tahun . (2014). Jakarta: Gramedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar